Selasa, 12 April 2016

Perencanaan keuangan dalam perjalanan bisnis

Perencanaan keuangan dalam perjalanan bisnis 

Merupakan hal yang wajib dipersiapkan dalam perjalanan bisnis, meliputi :
 1.biaya transportasi
2.biaya transportasi lokal
3.biaya akomodasi
4.biaya kegiatan pokok
5.biaya acara kegiatan yang harus dibayarkan kepada panitia
6.uang saku / pengeluaran terduga
7.uang lumsum
8.biaya lain

Travelers Funds (Uang dalam bentuk lain)
Travelers Funds merupakan uang yang bentuknya lain dari pada biasanya yang berfungsi untuk menjamin keamanan pimpinan selama melaksanakan perjalanan bisnis. Travelers funds dapat diperoleh dari bank dan biasanya memiliki wujud yang berbeda diantaranya adalah :

  • Travelers Cheque

 Travelers Cheque adalah alat pembayaran berupa cek dengan jumlah nominal yang berbeda-beda, namun pada travel cheque ini biasnaya menggunakan jumlah nominal yang relatif rendah sebagai contoh mulai dari US$ 10,20,50 sampai dengan 100 dan di tanda tangani langsung pada saat pembelian.

  • Letter of credit (L/C)
Letter of credit merupakan surat yang digunakan ketika seseorang membutuhkan dana dalam jumlah yang sangat besar selama dalam perjalanan bisnis, biasa digunakan untuk pembayaran bisnis dengan jumlah nominal yang besar.
  • Credit Card (Kartu Kredit)
Kartu Kredit adalah kartu yang diterbitkan oleh bank, dimana bank tersebut meminjamkan uang kepada konsumennya. Dapat digunakan untuk pembayaran suatu barang ataupun bisa digunakan untuk menarik uang tunai.
 

Sistem Pembayaran Tunai dan Non tunai

A. MEMPESIAPKAN DAN MENGOPERASIKAN MESIN PEMBAYARAN TUNAI MAUPUN NON TUNAI

  Pengertian Pembayaran Tunai dan Non Tunai
Pembayaran tunai atau yang biasa disebut dengan pembayaran cash, merupakan pembayaran atas harga barang atau jasa secara tunai, dimana pihak pembeli menyerahkan uang sebagai bukti pembayaran sebesar harga barang yang dibeli bersamaan dengan surat pesanan.
Sedangkan yang dimaksud dengan pembayaran non tunai adalah pembayaran yang dilakukan dengan cara:
• bayar dimuka yaitu pembayaran harga sebelum barang diterima atau sebelum barang ada.
• Bayar dibelakang, yaitu pembayaran yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu setelah barang diterima.
• COD (cash on delivery), dimana pembayaran dilakukan pada waktu barang diserahkan pada pembeli, dan ada pula yang pembayaran dilakukan pada waktu dokumen tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar